jump to navigation

Standardisasi ukuran iklan (online) Januari 7, 2007

Posted by Michael Andreas in Ego, ICT.
trackback

Cercaan halus seorang teman yang ditujukan kepada sebuah media online membuat otak karatan saya sedikit bergerak. Cukup jelas bahwa pesan yang hendak disampaikan adalah desain tampilan yang tidak nyaman untuk dibaca dan janggal secara estetika. Sebabnya menurut saya?

  1. Jumlah iklan yang melebihi jumlah pemain lapangan dalam 1 tim sepakbola (ini fakta).
  2. Penempatan iklan yang lebih acak daripada noise pada sebuah sinyal (ini hiperbola).
  3. Variasi ukuran iklan (ini serius).

Terkait dengan nomor 1, sedikit browsing kesana-sini mengungkapkan kenyataan pahit. Isu ini tidak hanya terjadi pada 1-2 situs web nasional saja. Dari 3 situs yang saya amati sepintas, Antara News untuk sementara memimpin dengan 20 spot iklan. detikcom terpaksa puas dengan posisi runner-up, terima kasih kepada jumlah iklan yang hanya minus 1 dari Antara News; 19. KCM berada di posisi juru kunci dengan 15 spot iklan. Saya yakin dengan browsing lebih lanjut saya bisa menemukan situs web dengan jumlah iklan yang lebih banyak, tapi dengan range 15-20 yang ada, apakah ini kurang banyak? Yang menakutkan, walaupun saya rasa belum pernah terjadi, situs-situs ini dapat menaikkan/menurunkan jumlah iklan mereka sewaktu-waktu. Oya, harap dicatat bahwa statistik ini tidak resmi, hanya penghitungan manual berdasarkan pengamatan sepintas.

Fokus saya disini adalah perihal variasi ukuran iklan. Walaupun ukuran iklan yang dipasang adalah hak pemilik situs, tapi kalau se-gak-konsisten gini, repot dong? Siapa yang repot? Nah itu dia! Siapa juga yang care sama isu seperti ini. Situsku ya situsku, dan yang mau pasang iklan, ikuti aturanku. Bah, bullshit! (Maaf agak emosi.) Okay, kembali ke Vaio (halah). Beberapa bentuk iklan juga lucu, misalnya persegi panjang yang lebih tipis dan panjang dari iklan biasanya. Mungkin ini untuk mengakomodir desain, ya? Semisal saya adalah desainer pada perusahaan R, dan R ingin memasang iklan pada salah satu situs yang telah disinggung di atas, mungkin seperti ini pembicaraan yang akan terjadi dengan manajer saya (D = desainer, M = manajer):

M: Hai kau desainer yang suka mangkir, cepat buatkan aku iklan untuk dipasang di KCM. Deadline, siang ini.
D: Lah bos yang suka merayu sekretarisnya, kenapa kita gak pakai ulang iklan yang di detikcom kemarin?
M: Konsepnya bisa, tapi ukurannya beda. Di KCM kita dapat spot sebesar 180 x 150 pixel. Sedangkan yang kau buat untuk detikcom kemarin itu 125 x 125 pixel.
D: Di-resize aja gimana, gampang kan? Atau gak dibiarin 125 x 125 pixel aja biar ada canvas putihnya nongol, keren bos sekarang lagi ngetren yang kayak gitu.
M: (Desainer bodoh, kok aku terima kerja disini ya?) Tidak bisa. Kredibilitas perusahaan, bung! Sekarang, cepat buat..
D: Argh… (Menghela nafas, balik badan, dan langsung masuk ruangan.)

Hal seperti ini membuat saya bertanya-tanya dalam hati. Mungkinkah hidup bisa menjadi (sedikit) lebih mudah bagi pihak media beriklan (baca: publisher) dan pihak pemasang iklan (baca: marketer)? Kalau tergantung saya sih, jawabannya; bisa. Standardisasi adalah kata kuncinya. Kalau kita mau melihat the big picture, ada reward yang jelas bisa didapat dari standardisasi iklan. Percakapan antara desainer dan manajer seperti di atas tidak perlu terjadi. Marketer dapat menggunakan materi yang sama untuk beberapa publisher. Pengurangan cost dalam proses kreasi dan pemasangan iklan. Desainer tidak perlu lembur lagi dan dimarahin pacarnya. Lebih serius lagi, iklan akan menjadi lebih berharga dan efektif.

Apakah ini mimpi? Ya, tentu saja (sarkasme)! Jangankan standar untuk iklan, dari rentetan kecelakaan di penghujung tahun 2006 dan awal 2007 bisa kita lihat bahwa standar keselamatan di negara ini masih memprihatinkan. Tapi itu pembicaraan untuk lain subyek, lain waktu. Kembali ke mimpi, bahkan mimpi pun punya hak untuk hidup. Masih boleh, kita mengharap media-media online diprovokasi oleh sebuah tim independen akan berembuk dan berkompromi tentang standar iklan tersebut.

Links:

Iklan

Komentar»

1. joesatch - Januari 7, 2007

mike, si bos itu bener..dan akan selalu kudukung..
kerjaanku di kantor ya kayak gitu itu…ngeresize ukuran2. tapi kerjaan yang kayaknya nggak banyak gunanya itu ternyata justru menunjang finansialku dengan amat sangat (fyi, aku masih freelance dan bayaranku per project). lumayan, semakin banyak perkerjaan yg tidak berguna, semakin banyak gadis cantik yang bisa kubohongi, kekekeke!
hidup si bos!

2. Mike - Januari 8, 2007

joe, yang bener maksudmu bagian mangkirnya, bagian merayu ceweknya, atau yang mana? hueheuh.. 😛

3. joesatch - Januari 8, 2007

apa aja deh…asal bayaranku nggak telat, kekekeke

4. m00nray - Januari 8, 2007

wah, kalau masalah design daku nyerah deh. kasih ke joe atau mike aja

5. Mike - Januari 8, 2007

@joesatch: woo, mentang-mentang baru gajian!! gyahaha.. makan makan makan makan. 😆

@m00nray: kurasa kalo masalah desain keamanan justru kamu ahlinya, nan. 😉

6. jadwal bioskop - Oktober 24, 2015

What’s up to every single one, it’s truly a nice for me
to visit this web site, it consists of helpful Information.

7. st patricks day 2016​ - Februari 27, 2016

There’s definately a great deal to find out about this issue.
I love all the points you have made.

8. fl studio 10 - Februari 28, 2016

Hi there I am so thrilled I found your blog page, I really found you
by mistake, while I was looking on Askjeeve for something
else, Regardless I am here now and would just like to say many thanks for a tremendous post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time to go through
it all at the moment but I have saved it and also added
your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the awesome work.

9. Ankara Kıvırcık Paspas - Maret 5, 2016

Hello there I am so glad I found your site, I really found you by mistake, while I was searching on Google for something else, Nonetheless I am here now and would just like to say thanks a lot for a fantastic post and a all round exciting blog (I also love the theme/design), I don’t have
time to browse it all at the minute but I have book-marked
it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more,
Please do keep up the superb job.

10. suplemento conta calvície hairloss blocker - Juni 22, 2017

I am really delighted to glance at this weblog posts which carries
plenty of useful facts, thanks for providing these kinds of data.

11. sohbet hattı - Juni 27, 2017

Great article.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: