jump to navigation

The battle of media players Mei 1, 2007

Posted by Michael Andreas in Sidenotes.
trackback

Sedikit usang, tapi Paper Kingdoms punya post menarik perihal 3-way shootout antara Windows Media Player, Winamp, dan iTunes. Mungkin iTunes berhak memperoleh beberapa poin ekstra untuk Cover Flow-nya, tapi itu kan pendapatku saja. Aku sendiri sih tetap setia menggunakan Xion. Hanya menggunakan 4,328 K selagi memutar lagu. Sweet.

Iklan

Komentar»

1. rambideunt - Mei 5, 2007

Huhuhu.. Skor iTunesnya cuman 0.5
tapi sebenarnya asik juga pake iTunes. kaya’nya suaranya lebih jernih dibanding kompetitor yg lain. gak tau lah. lebih cocok ke kuping dibanding winamp make plugin sekalipun. kalo winamp, suara digitalnya terasa banget.

2. Michael Andreas - Mei 6, 2007

Hoho.. Ada juga tho yang merasakan yang sama, bener Ra, kalo Winamp kok kesannya digital banget ya? Mau ditambahin DSP segala macam juga tetap gak segar.

3. Aday - Mei 15, 2007

Wah, jadi pgn nyoba iTunes… Minta masternya dunk!!hehe…

4. Michael Andreas - Mei 15, 2007

Ada nih Ad, tapi gak yang paling baru deh kayaknya. Punyaku iTunes 7.0.2.16. Kapan mau dibawain via flash drive, SMS aja yoo..
Btw, aku tambahin link ke blog-mu di blogroll-ku ya Ad. Semoga tidak keberatan. πŸ˜€

5. Aday - Mei 23, 2007

Sangat tidak keberatan Mike,,,Hohohoho….

6. joesatch - Juni 23, 2007

cocok2an je…
ada yang bilang jetaudio lebih nikmat juga. aku sih make foobar aja. ringan, ga maem memory. xion belum nyoba sih. kalo di os satunya, standar…terperangkap dalam banshee yang amat butut… 😦

7. Michael Andreas - Juni 23, 2007

Ah, benar Joe. Aku dulu suka jetAudio lho, ada alarmnya! Tool yang sangat berguna untuk menghindari keterlambatan masuk kelas. πŸ˜€ Seriously, jetAudio emang apik.. Dulu aku uninstall kenapa ya? (Bingung sendiri..)

8. toni - Juli 12, 2007

mau ringan? ada yang text mode: mpd

Kalau aku sendiri, tetep dong, pakai Amarok :).

9. Michael Andreas - Juli 12, 2007

Hahaha, dasar.. Toni β™₯ Amarok. πŸ˜€

MPD gak punya binary buat Windows nih Ton.. Terpaksa deh, ditunda dulu nyicipinnya.

10. Fadel - Juli 12, 2007

memang bener winamp sekarang benar-benar tidak recomended, iTunes memang jauh lebih jernih. Amarok juga enak tuch om toni…
mang enaknya xion apaan mike? would you tell me about xion???

11. Michael Andreas - Juli 12, 2007

Xion is very light weight for Windows, IMHO. Previous versions of Xion use less than 5 MB of memory. Current version utilizes about 7 MB. iTunes eat about 70 MB, at least. So memory-wise, it saves 90 % of your RAM.

Nah Del, selain itu juga karena aku suka sesuatu yang cenderung agak sederhana. Sure, media library is nice. Tapi aku lebih suka browsing di Windows Explorer, pilih, seret, dan cemplungin (baca: drag-and-drop) ke playlist Xion. Xion juga punya berbagai skin yang uuhh, menggemaskan.

Kurang jelas? Bisa ke http://xion.r2.com.au/ atau nanti aku jelasin lagi deh hehe. πŸ™‚

12. toni - Juli 13, 2007

Ulang. Ternyata ada karakter &lt yang menyebabkan komenku terpotong. Sucks.

Setuju winamp sudah jadul .. :D. Klo mpd sebenanrya memang bisa low on memory banget. Tapi klo kmu senangnya browse langsugn dari filesystem browser, mpd tidak akan cocok untukmu, karena dia perlu database dan collectionnya tidak bisa dibrowse via model tree file system.

Amarok has both :). Collection yang terkategori dan juga punya interface untuk browsing file system (local ataupun remote: samba (windows share), ftp, ssh? ada! :D). Amarok juga mensupport protokol daap. Berhubung iTunes 7 agak menyalahi aturan, hanya sharing dari iTunes versi di bawah 7 yang bisa dibrowse/play di Amarok.

Untuk power user? Wah, Amarok nih ibarat swiss army knife :D. Bisa diperintah lewat konsol (ketik-ketik). Punya fitur script (several languages are supported, includes Ruby).

Skin? Hehehe, itu dia yang kurang. Adanya theme di context browser saja. Juga minimnya plugin visualisasi. Buat aku sih itu ndak penting, tapi bagimu sepertinya cukup krusial :). Mungkin di versi 2.0 nya (nantikan sekitar October), akan ada update di mini playernya. Mini player ini UI yang mirip main window winamp, dan mungkin skinnable di 2.0.

Hehehehe, terimakasih atas kesediaannya untuk mau membaca πŸ˜€

http://amarok.kde.org

13. Michael Andreas - Juli 13, 2007

@ Toni:
Wow, komprehensif sekali. Thanks for elaborating about Amarok, Ton. Appreciate it. πŸ™‚

Anyway, skin is only eye candy and not necessarily important for me. Semua media player yang pernah kugunakan menghabiskan 95 % waktunya di system tray huehe. Yang kubilang menggemaskan di atas itu biar si Fadel niat nyobain aja. πŸ˜›

P.S. Ton, komentar sebelumnya (yang kepotong), aku minta izin delete ya?

@ Fadel:
Ngomong-ngomong system tray, information clarity yang disampaikan Xion ketika dia di tray termasuk alasan kenapa aku menyukainya. Xion’s icon turn red when it’s stopped, yellow when it’s paused, and green while playing. Hover above it and you’ll know who’s singing what. Simple, right?

14. toni - Juli 13, 2007

No problemo, just trash my unfinished comment πŸ™‚

Ngomong-ngomong soal systray, Amarok will show the triangle symbol when playing and two bar symbol on paused mode. The icon itself will look like a water tank which indicates how many minutes left/elapsed for currently played song.

Hovering your mouse upon the icon will give you cover album plus artist, title, album and song length. But I prefer wathing the OSD (On Screen Display) which passively fade in/out on play/pause and new song event.

So far so great πŸ™‚

PS:
Fadel lagi tegang di pintu tol. Aku godain dia diem aja. Tapi ya moga-moga, promosi menggemaskanmu bisa membuatnya lebih rileks πŸ˜€

Senyum dikit lah Del.

15. Michael Andreas - Juli 13, 2007

Oh my, awesome! Totally diggin’ the water tank idea Ton. Semoga versi 2.0 ada yang port ke Windows.

Tau tuh Fadel, akhir-akhir ini tegang banget. Ngopo e lee..

16. -tikabanget- - Juli 30, 2007

sayah cintah iTUnes….

17. Michael Andreas - Juli 31, 2007

sayah cintah iTUnes….

Don’t we all? πŸ˜€

18. sandynata - Agustus 30, 2007

hm.. xion ya?.. coba ah..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: